Skip to main content

Jihad Dalam Diri


Jihad adalah kesungguhan, berarti ia bersungguh – sungguh dalam melakukan sesuatu hal. Diri ini ada sesuatu yang lain didalamnya dan sesiapa yang mengikuti nya bahkan mengumbarnya maka ia akan celaka tapi dalam melawannya kita kita boleh membunuhnya karena kita pun memerlukan sesuatu tersebut, yan sesuatu itu adalah hawa nafsu.
Disisi lain kita merasa risi karena ia selalu condong dengan kepuasan diri dan hal – hal nyang negatif tetapi disisi lain kitapun memerlukannya untuk keberlangsungan proses kehidupan ini. Oleh karena kita rasulullah pernah berkata bahwa jihad paling besar adalah jihad dalam diri untuk melawan hawa nafsu.
Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk melawan dan mengendalikan hawa nafsu:
1.      Meluruskan Niat
Hendaklah sesiapa yang ingin mengendalikan hawa nafsu, ia harus memiliki niat yang lurus dan niat yang lurus dan benar  cirinya hanya satu ialah ia selalu menyandarkan semuanya kepadaallah swt. Ia selalu mengharapkan ridho ilahi dalam melakukan sesuatu hal termasuk dalam mengendalikan hawa nafsu ini. Bagauimana tidak menyandarkan kepada allah, toih yang mempunyai kekuatan dan kehendak serta diri kita dan nafsunya sendirinyapun Allah, jadi sudah sepantasnya untuk kita mengembalikan semuanya kepada allah. Yuk perbaiki niat dari sekarang, tidak ada yang terlambat dalam melakukan sesuatu yang baik.
2.      Dzikrullah
Selalulah mengingat allah baik dalam berbaring, duduk bahkan berdirinya kita. Karena dengan mengingatnya kitra akan mendapatkan kemudahan terutama dalam mengendalikan hawa nafsu ini. Danjadikanlah sabar dan solah sebagai penolongmu.
3.      Berlomba – Lombalah dalam Kebaikan
Sibukanlah diri kita dalam melakukan sesuatu yang baik. Karena pikiran ini dan diri ini jika tidak diisi dengan sesuatu yang baik pasti akan terisi dengan yang buruk. Oleh karen itu dalam melakukan sesuatu hal perlulah pertimbangan, ini akan berbuah kebaikan ataukah sebaliknya. Dengan disibukan diri dengan melakukan kebaikanpun akan menyulitkan untuk nafsu menguasai pikiran dan diri ini. Yuk berlomba dalam kebaikan dari sekarang. Karena khoirunnas anfa ahum linnas “ manusia terbaik adalah yang bermanfaat untuk sesamanya.”
4.      Berjama’ahlah
Serigala akan menerkan kamping yang sendirian. Sudah jelas bahwa dengan berjamaah kita akan terhindar dari keburukan – keburukan yang disebabkan oleh diri kita. Bagaimana kita akan melakukan keburukan atau akan mengumbar nafsu d=sedangkan kita berada yang antara orang banyak, apakah tidakada rasa mallu dan lain sebagainya? apapun alasannya itu bisa menghindarkan kita melakukan hal – hal yang buruk. Maka hendaklah berjamaah dengan jamaah yang selalu mengingatkan kita kepada ilahi disaat kita berada didalamnya.

Comments

Popular posts from this blog

4 TAHUN MENUNGGUMU DALAM DO’A

Namamu…… Dalam do’alah selalu ku sebut namamu Dalam benak selalu terukur namamu Sebelum alfatihah ku sandingkan namamu Berharap dapat selalu menyandingi hidupmu Wajahmu…. Bulan purnama seolah iri padaku Mataharipun beberapa bulan ini selalu menyinariku Aku bertanya pada benakku Apa ini karena, aku selalu menginginkan kamu untuk menjadi pendamping hidupku? Entahlahh…. Aku serahkan semuanya pada-MU ya Allah Berharap pada-MU adalah solusi dari ini masalah Supaya menyandingi dalam suatu maslahah Dengan berbagai macam dan penuh berkah Yaa Allah…   Aku yakin padamu ya allah Semuanya akan berjalan dengan lacar karena-MU ya Allah Diapun kan jadi istriku itu atas izin-MU ya Allah Karena engkaulah tuhan yang memiliki dia, Ya Allah Indahnya… Memandangmu dalam ghunzul basar Memelukmu dalam do’a Mencintaimu dalam memuji-NYA Berharap pada-NYA karena mu #excel 1

Cuek Kunci Sukses

Kesuksesan dalam hidup adalah dambaan setiap insan. Banyak diantara mereka yang merelakan segalanya hanya demi meraih kata sukses. Padahal makna sukses sendiri masih majemuk dan tak abadi. Terlepas dari itu semua gambaran secara umum makna sukses adalah seseorang yang mempunyai rumah mewah, kendaraan mewah, harta berlimbah dan lain sebagainya yang bersifat duniawi. Bagaimana dengan makna akherat? Kalo makna akhiratnya kata sukses adalah terhindar dari siksa neraka dan masuk surga, itu gool akhirnya sedangkan permulaan nya bisa dirasakan didunia ini seperti kehidupan yang tentram, damai dan nyaman jika mengingat sang ilahi. Apapun tujuan kita mau menggapai kesuksesan dalam makna dunia maupun akhirat terserahlah, hanya saja saran saya anda bisa menggapai semuanmya itu jauh lebih baik. Hehee ok terlepas anda mau menggapai yang mana saya akan memberikan sedikit Kunci Suksesnya. Ada yang tau kunci suksesnya? Cuek… Ya itu adalah kunci suksesnya. Cuek saja. Untuk menggapai kesukse

Ummat Terbaik

Seseorang yang hidup ini pasti mempunyai mimpi dan nilai akhir dari mimpi adalah sukses. Ntaah sukses dalam wujud seperti apa yang jelas pokoknya sukses, begitu kata seorang pemuda yang sedang bersemangat dalam menggapai impiannya. Mari kita sederhanakan dan deskripsikan makna sukses itu apa sih sebenarnya? Kenapa semua orang menginginkannya? Seorang mahasiswa memaknai kata sukses itu ketika ia berhasil mencapai IPK tertinggi dan diwisuda dengan coumlode. Seorang busnis men mengatakan makna sukses adalah saat ia berhasil dan berada pada titik puncak dari kesuksesannya, yaitu saat perusahaannya besar dan mempunyai omzet yang besar pula. Seorang desainer mengatakan bahwa sukses adalah ketika ia bisa berkarya dan berimajinasi bebas dan diakui. Seorang artist mengatakan bahwa sukses adalah ketia ia sudah terkenal dan laku di panggil kemana mana untuk mengisis acara TV dan lain sebagainya. Berbeda – bedaya. Lantas siapa dan pendapat siapa yang bernar? Mari kita lihat makna suk